Pengertian Trafo isolasi

trafo isolasi adalah sebuah transformator isolasi dirancang untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan referensi isolasi internal ke tanah. Hal ini dibangun dengan dua gulungan Faraday terisolasi antara gulungan primer dan sekunder.
trafo isolasi memiliki lilitan sekunder yang berjumlah sama dengan lilitan primer, sehingga tegangan sekunder sama dengan tegangan primer. Tetapi pada beberapa desain, gulungan sekunder dibuat sedikit lebih banyak untuk mengkompensasi kerugian. Transformator seperti ini berfungsi sebagai isolasi antara dua kalang. Untuk penerapan audio, transformator jenis ini telah banyak digantikan oleh kopling kapasitor.
Bila dipasang dengan benar, isolasi, yang paling dekat dengan gulungan primer, dihubungkan ke tanah catu daya umum dan isolasi yang paling dekat dengan gulungan sekunder dihubungkan dengan isolasi sirkuit yang akan terisolasi. Penggunaan dua perisai dalam pembangunan transformator isolasi untuk pengalihan noise frekuensi tinggi, yang biasanya akan digabungkan di transformator
Kedua perisai memberikan isolasi yang lebih efektif dari sirkuit primer dan sekunder dengan juga mengisolasi alasan mereka. Transformator isolasi menambahkan kapasitansi ketiga antara dua perisai Faraday, yang dapat memungkinkan kopling bunyi frekuensi tinggi antara dasar sistem. Namun, meningkatkan pemisahan antara dua perisai Faraday biasanya meminimalkan ini kapasitansi ketiga. Selain itu, efek dielektrik perisai ditambah pemisahan peningkatan gulungan secara signifikan mengurangi kapasitansi-antar antara gulungan.