Label

Label

Popular Posts

Belanja Aman dan Nyaman Melalui Tokopedia Klik Banner Dibawah Ini :

Prinsip kerja mesin stirling sederhana

Mesin stirling adalah suatu mesin yang merubah energi panas menjadi energi gerak atau mekanik. Prinsip dari mesin stirling adalah pendinginan, pemadatan, pemanasan, dan pemuaian volume gas(biasanya gas hidrogen atau helium) secara bergantian di dalam suatu ruang yang tertutup (tidak ada gas yang keluar masuk sistem).pemanasan suatu gas dalam ruang tertutup dapat menyebabkan gas itu memuai atau volumenya bertambah karena adanya transfer energi panas dari lingkungan ke sistem dan transfer energi panas itu dijadikan usaha gas untuk mendorong piston, sedangkan pada saat pendinginan terjadi pelepasan energi panas dari sitem kelingkungan yang menyebabkan gas mengalami pemadatan atau volumenya semakin kecil.
Siklus pendiginan, pemadatan, pemanasan, dan pemuaian dapat terpenuhi dengan medesain sitem yang dapat memindahkan gas ke bagian pemanas dan pendigin secara terus menerus . bagian pemanas selalu kontak dengan sumber panas eksternal seperti api atau sinar matahari sedangkan bagian pendingin dirancang untuk mendinginkan gas bisa menggunakan sirip sirip udara (heatsink). Piston akan bergerak bergantian seiring dengan pemuaian dan pemadatan gas dalam sistem


Mesin stirling ini terhitung memiliki tingkat efisiensi tinggi dibandingkan dengan mesin mesin lainnya. oleh sebab itu mesin stirling ini bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik, dengan pemanasnya memakai energi panas matahari, karena ternyata dengan memfokuskan cahaya matahari dapat melelehkan baja, apalagi di daerah tropis seperti di indonesia ini intensitas panasnya tinggi dibandingkan dengan daerah subtropis di tambah lagi pemansan global yang pastinya suhunya menjadi lebih panas. Sehingga dengan memanfaatkan collector sinar matahari sebagai pemanas pada mesin stirling ini bisa dijadikan pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan dan tentunya lebih murah karena tidak memerlukan bahan bakar.

  ©

Energi Terbarukan Online
- Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo